Mengenal Cuaca dan Musim di Negara Taiwan

, , Leave a comment

Mengenal Cuaca dan Musim di Negara Taiwan, Taiwan Memiliki 4 Musim. Anda Harus Tahu 4 Musim Tersebut Agar Dapat Mengetahui Waktu Terbaik Untuk Jalan-Jalan Ke Negara Taiwan dengan Aman dan Tidak Salah Kostum.

Tahukah Kamu, Musim dingin 2017 Silam, menerpa Taiwan telah menyebabkan 52 orang tewas, karena negara pulau ini mengalami suhu terdingin di sepanjang sejarah semenjak negara ini terbentuk.

Dilaporkan, 36 orang tewas di Taipei, New Taipei dan Taoyuan dan setidaknya 16 orang tewas di wilayah Kaohsiung. Rata-rata korban yang kehilangan nyawanya disebabkan oleh hipotermia dan penyakit kardiovaskular, akibat suhu terdingin di sepanjang sejarah Taiwan ini.

Mengenal Cuaca dan Musim di Negara Taiwan

Taiwan merupakan salah satu negara Asia yang paling unik jika ditinjau dari iklim atau cuacanya. Hal ini dikarenakan wilayah tengah sampai dengan utara Taiwan berada pada zona iklim sub-tropis sedangkan wilayah tengah sampai dengan selatan berada pada zona iklim tropis. Perbedaan karakter iklim inilah yang menjadikan wilayah Taiwan selatan sebagai pusat pertanian dikarenakan temperatur yang relatif hangat dari pada wilayah utara. Meskipun terdapat perbedaan karakter iklim, secara umum musim di Taiwan ada empat yaitu:

1. Musim Semi (Spring)

Musim semi berlangsung antara bulan Maret sampai dengan Mei dimana temperatur udara tertinggi mencapai 19-27 ºC sedangkan temperatur terendah berkisar antara 15-22 ºC. Suhu udara pada musim ini relatif hangat dan banyak banyak dijumpai tanaman yang mulai bersemi setelah melewati musim dingin salah satunya adalah jenis bunga sakura cherry blossom yang dapat kita temui disejumlah wilayah di Taiwan

2. Musim Panas (Summer)

Musim panas berlangsung antara bulan Juni sampai dengan Agustus dimana temperatur udara rata-rata mencapai 22 ºC. Suhu udara pada musim ini biasanya panas dan lembab disertai beberapa kali kejadian angin taifun dan badai yang membawa cukup banyak air hujan namun menimbulkan kerusakan. Di Taiwan dalam satu tahun dapat terjadi sekitar tiga sampai empat kali kejadian taifun.

3. Musim Gugur (Autum)

Musim gugur berlangsung antara bulan September sampai dengan November dimana temperatur udara rata-rata mencapai 25-30 ºC dan diakhir november suhu terendah mencapai 18 ºC dengan sedikit curah hujan dan udara relatif hangat.

4. Musim Dingin (Winter)

Musim dingin berlangsung antara bulan Desember sampai dengan Februari dimana temperatur udara rata-rata mencapai 8-19 ºC. Pada puncak musim dingin sekitar bulan Januari banyak dijumpai salju di beberapa pegunungan di Taiwan. Musim dingin juga sangat meriah karena adanya perayaan tahun baru cina.

Curah hujan di Taiwan mencapai 2.500 mm/tahun dengan curah hujan bulanan tertinggi mencapai 200 mm selama musim gugur. Taiwan termasuk dalam wilayah garis gempa sehingga tidak heran jika setiap tahunnya terdapat kerjadian gempa dengan berbagai macam skala.

 

Leave a Reply